Manfaatkan Minyak Jelantah, Kelompok 5 KKNT Bela Negara Adakan Pelatihan Pembuatan Lilin dan Sabun di Desa Gedangan, Jombang

Foto: Pelatihan Pembuatan Lilin dan Sabun dari Minyak Jelantah | Foto: Patria Prasasya

ReferensiMahasiswa kelompok 5 KKN Tematik Bela Negara Gelombang 1 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur mengadakan pelatihan pembuatan lilin dan sabun dari minyak jelantah di Desa Gedangan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, pada Selasa, 30 Juli 2024 pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini diberi nama “Green and Economy Creative: Workshop Pembuatan Lilin dan Sabun dari Minyak Jelantah.”

Pelatihan ini dihadiri oleh Bapak H. Sukarno, S.E selaku Kepala Desa Gedangan, Ibu Sri Harnanik, S.Sos selaku ketua tim penggerak PKK, dan Bapak Pribadi selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan 24 peserta dari tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Didasari karena banyaknya pembuangan minyak goreng bekas masak atau disebut minyak jelantah yang dibuang secara sembarangan sehingga mencemari lingkungan air dan sekitarnya. Sehingga kegiatan pelatihan bertujuan untuk mencegah semakin banyaknya pencemaran lingkungan yang terjadi di masyarakat.

Ketua Kelompok 5 KKNT Bela Negara M. Abidtha Khaidir Al Baihaqqi memberikan sambutan yang mengatakan bahwa kegiatan ini juga didasari oleh penerapan SDG’s desa ke-5 yaitu keterlibatan perempuan desa.

“Acara ini selain untuk menjaga lingkungan juga untuk melibatkan perempuan desa, karena itu yang kami undang adalah ibu-ibu PKK yang harapannya nantinya akan bisa mengolah limbah minyak jelantah menjadi sesuatu yang berguna, bahkan bisa dijual dan menghasilkan profit,” ujarnya.

Pelatihan ini dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi materi dan sesi praktek pembuatan lilin dan sabun dari minyak jelantah. Pada sesi materi, Velidita, selaku pemateri menjelaskan mengenai pengertian Green and Economy Creative.

Pada sesi praktek dibagi menjadi dua tahapan yaitu pembuatan lilin yang dipandu oleh Thomas dan Yoga, serta pembuatan sabun yang dipandu oleh Aurel dan Chaterine.

Kegiatan ini disambut antusias oleh peserta kegiatan. Diharapkan dapat memberikan ilmu yang bermanfaat, meningkatkan kesadaran tentang pencemaran lingkungan, dan meningkatkan kualitas hidup di Desa Gedangan, Kecamatan Mojowarno, Jombang.**

Penulis: Refi Nur Mariska

Berita Terkait