Mahasiswa KKNT Bela Negara Ajak Siswa MI di Desa Gedangan Terapkan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Sosialisasi CTPS di MI Najatud Daroini | Foto: Mahendra Prayuda

ReferensiJOMBANG, Sekolah sebagai tempat belajar siswa untuk memahami dan memperkenalkan gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang penting dilakukan di setiap kegiatannya.

Namun ternyata mencuci tangan pakai sabun masih belum menjadi kebiasaan, tak jarang mereka hanya membasuh tangan dengan air yang menyebabkan tangan tidak bersih dari bakteri dan kuman, sehingga berdampak pada kesehatan seperti diare, flu, dan cacingan.

Hal tersebutlah yang mendasari mahasiswa kelompok 5 KKN Tematik Bela Negara Gelombang 1 mengadakan sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang menyasar siswa dan siswi kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah “Najatud Daroini” yang berlokasi di Desa Gedangan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, pada Sabtu, 3 Agustus 2024 pukul 09.15 WIB.

Pelaksanaan sosialisasi dihadiri oleh 41 siswa kelas 1 yang merupakan gabungan dari kelas 1A dan 1B, juga dihadiri oleh wali kelas sebagai pendamping dari siswa dan siswi.

Kegiatan sosialisasi meliputi penyampaian materi yang berupa pentingnya mencuci tangan memakai sabun dengan memberikan contoh-contoh yang selaras dengan kegiatan sehari-hari. Kemudian dilanjutkan dengan mewarnai bersama untuk menunjukkan kotornya tangan ketika memegang sesuatu.

Praktik Cuci Tangan Pangan Sabun (CTPS). | Foto: Mahendra Prayuda

Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan praktik mencuci tangan menggunakan sabun. Siswa berbaris dengan rapi dibagi menjadi 3 kelompok kecil untuk mempraktikkan langsung cuci tangan pakai sabun yang didampingi dan dipandu langsung oleh panitia yang bertugas.

Seluruh siswa kelas 1 yang berpartisipasi memiliki antusiasme yang positif. Setelah mencuci tangan pakai sabun kemudian mengelap tangan dengan tisu dan membuangnya ketempat sampah.

Kegiatan diakhiri dengan dokumentasi dan doa bersama, serta dilanjutkan dengan pembagian jajan untuk siswa-siswi yang berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.

Setelah kegiatan ini diharapkan siswa dan siswi kelas 1 MI Najatud Daroini dapat memahami materi yang telah disampaikan dan senantiasa menerapkan praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar.

Penulis: Refi Nur Mariska

Berita Terkait