Deklarasi ODF, Asda I Berharap Percepatan Pembangunan Sanitasi Perkotaan Aman serta Berkelanjutan

Deklarasi ODF, Asda I Berharap Percepatan Pembangunan Sanitasi Perkotaan Aman serta Berkelanjutan | Kominfo

Kota, Wartatasik.com – Selasa 6 Agustus 2024 sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Jawara Open Defecation Free (ODF) tahun 2024 dan upaya percepatan program Open Defecation Free (ODF) / Bebas Buang Air Besar Sembarangan di Kota Tasikmalaya dilaksanakan acara Deklarasi ODF Kelurahan dan Kecamatan di Kantor Kecamatan Cihideung dan Kecamatan Mangkubumi.

Acara ini dihadiri oleh Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Dinas Kesehatan, Camat Cihideung dan Mangkubumi, Lurah Se-kecamatan Cihideung dan Mangkubumi, Kepala UPTD Puskesmas di Kecamatan Cihideung dan Mangkubumi, Satgas ODF, Kader Kesehatan, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Asda 1 Kota Tasikmalaya, Drs. H. Rachmat Riza Setiawan menyampaikan, bahwa untuk menyukseskan program Startegi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) melalui keputusan menteri kesehatan RI Nomor 3 tahun 2014.

“Kota Tasikmalaya telah melakukan program tersebut sejak tahun 2013 dengan mencapai sampai dengan tahun 2023 akses jamban layak sebesar 68,07% dari target 100%. Adapun pencapaian ODF kelurahan sampai tahun 2023 sebesar 33,33% (33 kelurahan),” ujarnya.

Katanya, Berdasarkan masalah tersebut Kota Tasikmalaya berupaya melakukan kegiatan percepatan ODF dengan Program Jawara ODF, melalui beberapa upaya antara lain:
1. Meniadakan tempat BAB sembarangan,
2. Melakukan Sosialisasi kepada masyarakat, dan
3. Menganggarkan kebutuhan sarana sanitasi.

“Diharapkan dengan adanya deklarasi ini pemerintah Kota Tasikmalaya didukung oleh berbagai stakeholder, dapat mempercepat Kota Tasikmalaya menjadi kota ODF dan membantu pencapaian pembangunan sanitasi perkotaan yang aman dan berkelanjutan di Kota Tasikmalaya,” tambahnya.

Pada deklarasi ini kelurahan yang menyatakan siap ODF antara lain, dari kecamatan Mangkubumi: Cigantang, Cipari, Cipawitra, Karikil, Linggajaya, Mangkubumi, dan Sambongpari. Sementara dari Kecamatan Cihideung: Argasari, Cilembang, Nagarawangi, Tugujaya, Tuguraja, dan Yudanegara. Asron

Berita Terkait