Dosen Kebidanan FIKes UMTas Gelar Kampanye Dukungan Sosial pada Ibu Hamil, Bersalin dan Nifas

Sumber foto: dokpri

Dosen Kebidanan FIKes UMTas gelar kampanye Dukungan sosial sebagai upaya pemenuhan kebutuhan psikososial pada ibu hamil, bersalin dan nifas..

Referensi – Dosen Kebidanan FIKEs UMTAS gelar kegiatan pengabdian pada Masyarakat dengan mengusung tema Kampanye dukungan sosial yang diberikan kepada masayrakat terutama keluarga, dan kader Kesehatan sebagai support system bagi ibu yang sedang hamil, bersalin maupun nifas. Kegiatan ini dilakukan pada dua tempat berbeda yaitu di wilayah kelurahan Mulyasari dan kelurahan Margahayu.

Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan mushola DKM Uswatun Hasanah kelurahan Mulyasari, serta Balai Pertemuan di Kelurahan Margaluyu yang dihadiri oleh masing-masing 25 orang peserta. Kegiatan kampanye ini berisi materi tentang pentingnya dukungan sosial yang menjadi kebutuhan psikologis pada ibu hamil, bersalin dan nifas.

Dilaksanakan oleh Tim Dosen Kebidanan Fakultas ilmu Kesehatan Universitas Muhamamdiyah Tasikmalaya beserta mahasiswa diantaranya sebagai ketua Tim Sri Wahyuni Sundari M.Keb, dan Anggota Dosen, Winda Windiyani, M.Keb., Noorhayati Novayanti, M.Keb., Hj. Ratni, MH., serta mahasiswi Fitri Purnamasari.

Kampanye dukungan sosial ini merupakan bentuk implementasi hasil penelitian yang dilakukan oleh ketua Tim, Dimana hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa peran penting dukungan sosial terhadap Kesehatan mental pada ibu hamil, bersalin dan nifas.

Keluarga dan masyarakat pada umumnya belum sepenuhnya memahami peran penting dukungan sosial serta betuk-bentuk dukungan yang dapat diberikan dalam menunjang peran ibu sepanjang daur siklus kehidupan.

Dengan disemarakannya kampanye dukungan sosial ini, diharapkan setiap keluarga, yang memiliki ibu hamil, bersalin dan nifas dapat memberikan berbagai macam bentuk dukungan kepada ibu, sehingga ibu dapat melalui tahapan siklus reproduksi dengan sehat jiwa dan raga.**

Penulis: Ketua Tim Sri Wahyuni Sundari M.Keb, dan Anggota Dosen, Winda Windiyani, M.Keb.

Berita Terkait