Antusias, Ribuan Warga Ikuti ‘Sabtu Sehat’ RSUD TNT: Ada Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Antusias, Ribuan Peserta Ikuti ‘Sabtu Sehat’ RSUD TNT: Ada Pemeriksaan Kesehatan Gratis | Ndhie

Kabupaten, Wartatasik.com – Ribuan masyarakat di wilayah Tasikmalaya selatan antusias mengikuti acara “Sabtu Sehat” yang diselenggarakan oleh RSUD TNT (Tani Nelayan Tasikmalaya) Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu, 28 September 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman RSUD TNT inj yakni berupa rangkaian sejumlah kegiatan mulai dari senam bersama, pemeriksaan gula darah dan tekanan darah gratis bagi lansia di atas 50 tahun. Sebagai bonus, juga dilakukan undian USG Whole Abdomen bagi 50 peserta senam yang beruntung.

Direktur RSUD TNT Cikatomas, dr. Hj. Reti Zia Dewi Kurnia, MARS, menjelaskan, jika dilaksanakan program Sabtu Sehat ini pihaknya berharap bisa membudayakan gerakan masyarakat hidup sehat melalui Promosi Kesehatan Rumah Sakit atau PKRS. Selain tentunya sebagai strategi pemasaran publikasi dari rumah sakit yang baru diresmikan pada 31 Juli 2024 kemarin.

“Tentunya dengan kegiatan ini kami berharap bisa memperluas kemitraan jejaring dengan mitra strategis, baik itu melakukan MoU, CSR atau pun kerjasama lainnya dengan mitra strategis,” jelas Reti.

Penanggungjawab Kegiatan Sabtu Sehat, dr. Adhe Kurniawan, Sp.PD menuturkan, lebih dari seribu masyarakat datang ke acara Sabtu Sehat RSUD TNT.

“Selain untuk melaksanakan senam bersama juga mereka mendapatkan pelayanan kesehatan mulai dari Unit penyakit dalam, IGD serta poliklinik umum. Karena masih tergolong rumah sakit baru, maka pihaknya terus mempromosikan jika RSUD TNT sudah siap melakukan pelayanan terutama unggulannya penyakit dalam,” ujarnya.

Untuk penanganan medisnya segala hal, lanjutnya, mulai dari yang terbanyak Hipertensi, kencing manis, TBC, penyakit lansia, problematika ginjal, problematika liver, rematologi atau masalah sendi dan tulang, rawat diabetes, “Penyumbatan arteri jantung dan lain-lain, dari bagian penyakit dalam hampir semua bisa,” jelas dia.

Ia menjelaskan, tercatat setiap harinya 40 – 80 pasien datang berobat ke poli penyakit dalam. Namun pada momen Sabtu Sehat ini, jumlah pasien membludak hingga mencapai 150 – 200 orang pasien. Disamping ribuan warga lainnya yang datang ke pelayanan kesehatan pada kegiatan Sabtu Sehat kali ini.

Dirinya pun menjelaskan, jika antusiasme pasien untuk berobat ke RSUD TNT sangat tinggi. Hal ini dikarenakan jarak wilayah Tasikmalaya selatan dengan RSUD sangat jauh. Maka dengan hadirnya RSUD TNT menjadi solusi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang baik.

Ia berharap kedepannya rumah sakit lebih siap, sebab saat ini karena tergolong baru maka masih dalam tahap perbaikan dan peningkatan.

“Untuk acara Sabtu Sehat, akan kami rutinkan setiap hari Sabtu karena sudah dimasukkan program. Untuk acara edukasi makan sehat termasuk dokter spesialis menyambangi warga juga akan kita rutinkan,” papar dr. Adie.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, dr. Heru Soeharto menjelaskan, jika masyarakat sudah memiliki BPJS dan RSUD TNT sudah bekerjasama dengan BPJS, maka masyarakat yang berobat tidak perlu repot jauh ke RS yang ada di kota Tasikmalaya.

“Sebab di RSUD TNT pun semua itu sudah bisa dilayani. Pihaknya menargetkan pada tahun 2025 semua mulai memadai,” katanya.

Mudah-mudahan pihaknya punya target 2025 semua dasar pelayanan sudah ada disini, “Kami ucapkan terima kasih jajaran direksi, staf dan karyawan RSUD TNT,” ujar Heru.

Salah seorang pasien, Ai (50) mengaku setelah menjalani pengobatan rutin di RSUD TNT maka tingkat kesehatannya mulai meningkat. Bahkan setelah dua kali kontrol tidak ada keluhan lagi. Bahkan dirinya membawa serta merta anggota keluarga dan tetangganya yang mempunyai keluhan sakit untuk berobat ke RSUD TNT.

“Alhamdulillah saya sendiri sudah sehat setelah berobat kesini. Saat ini saya mengantar dan bawa anggota keluarga untuk berobat ke RSUD TNT,” ujarnya.

Senada, warga yang mengikuti Sabtu Sehat, Nurwanti, asal Desa Lengkongbarang Kecamatan Cikatomas, mengaku sangat bahagia mengikuti jalannya kegiatan yang digelar oleh RSUD TNT Cikatomas ini.

Dimana dirinya bisa selalu penuh semangat dan full senyum sepanjang kegiatan. Ia pun berharap kegiatan seperti ini terus berjalan kedepannya.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang berada di wilayah Cikatomas, Salopa, Pancatengah, Cikalong dan sekitarnya. Pokoknya TNT selalu Sehati,” ujar dia. Ndhie

Berita Terkait